Air Minum Sebagai Menu Pembuka

February 19, 2016 Beranda  No comments

Air adalah pembuka rejeki untuk sebuah usaha (kuliner). Kalimat tersebut didapat dari sebuah komentar yang terlontar menanggapi sebuah postingan tentang air minum*  yang di”hargakan” secara tak wajar di sebuah rumah makan. Benar tidaknya anggapan tersebut, pelayanan juga menjadi catatan bagi penikmat kuliner. Kembali lagi ke topik awal, biasanya ketika kita menunggu menu yang kita pesan datang, pramusaji akan menyuguhkan segelas air, baik tawar maupun air teh yang tawar juga. Lalu adakah urgensinya antara sajian pembuka menu tersebut dengan menu yang dipesan atau memang sudah menjadi ritual memang harus seperti itu adanya, dan air tersebut tidak berbayar. Karena pernah mengalami juga ada air minum yang ternyata saat menerima bill pembayaran dihitung dan ada harganya.

GEDC0121 (FILEminimizer)

Pernah mengalami juga saat menunggu menu, minuman teh tawar menjadi pembuka hidangan. Juga menjadi pembuka obrolan jika ownernya menyempatkan waktu untuk saling mengenal antara penikmat atau pelanggannya. Karena dengan cara seperti itu maka komunikasi yang baik akan tercipta dan bila pun ada suatu komplain atas produknya maka akan dapat tersampaikan secara baik pula, tanpa ada rasa untuk menjatuhkan maupun dijatuhkan bagi pelaku usahanya. Air minum memang sangat dibutuhkan pada saat kita menikmati sajian menu kuliner, apalagi menu yang tersaji memang perlu bantuan air sebagai pendorongnya. Saran saya sih, berikan minuman sebelum pelanggan kita memintanya.

GEDC0112 (FILEminimizer)

Semua pasti sudah menjadi pertimbangan yang matang bagi pelaku usaha, tentang apa dan berapa air minum yang akan disajikan nanti. Gratis ataukah berbayar, semua pasti sudah ada perhitungannya. Lalu bagaimana jika hanya masalah air minum yang berbayar kemudian penikmat melontarkan  keberatannya, apalagi berbayar yang diluar nalar harga dari air minum tersebut. Tentu saja semua harus mengambil cara bijaksana dalam menyikapi hal ini, saling berempati untuk bisa mencari jalan keluar terbaik sehingga semua pihak dapat menjalankan kewajibannya secara baik. Salam Kuliner.

*air putih atau air teh tawar.

Tags:  ,

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>