Botram, Tradisi Kuliner Cimahi

November 14, 2015 Event Kulcim  No comments

GEDC0533 (FILEminimizer)

Karena kita hidup di masyarakat Sunda, pastinya mengenal istilah botram. Ada yang menyebutkan bahwa tradisi botram sudah dikenal sejak jaman kolonial Belanda, jaman dahulu dikenal dengan nama boterham. Yang mempunyai makna irisan roti isi mentega dan ham. Dahulu,  orang-orang Belanda sering bertamasya di taman taman dan membawa bekal berupa roti dengan isian mentega dan ham. Dan karena adanya proses asimilasi bahasa, maka di masyarakat Sunda kata boterham berubah menjadi kata botram, yang sama juga dimaknai dengan makan bersama di luar rumah sambil menggelar samak atau tikar. Dan kebiasaan tersebut sampai sekarang pun masih tetap dilakukan karena diyakini juga dapat mempererat silaturohim antar individu juga masyarakat.
Selain itu, botram bagi orang Sunda memiliki arti kebersamaan karena dilakukan dengan orang terdekat, seperti keluarga, teman, dan kerabat dekat lainnya. Jika tradisi botram dilakukan bersama teman atau keluarga  biasanya setiap anggota akan  membawa makanan masing masing atau membawa bahan bahan masakannya saja kemudian dimasak dan di makan bersama sama. Di sinilah terletak kebersamaan dari tradisi botram ini. Tradisinya kuliner Cimahi.

GEDC0525 (FILEminimizer)

 

Tak perlu menu yang mewah untuk botram, karena yang diutamakan adalah kebersamaannya. Ya bersama sama masaknya, ya bersama sama makannya. Dengan menu goreng tahu tempe dan lauk ikan laut atau yang biasa dikenal dengan nama asin pun tradisi ini bisa dinikmati. Terlebih Cimahi juga merupakan bagian dari masyarakat sunda itu sendiri, maka tak mengherankan banyak yang melakukan botram. Apalagi disaat libur weekday maupun weekend yang merupakan saat saat yang dinanti untuk bisa berkumpul bersama.

GEDC0531 (FILEminimizer)

 

Biasanya masakan untuk botram hanya diletakkan di alas daun pisang dan kita menikmatinya tanpa menggunakan sendok alias tangan kosong untuk menyuapkannya. Begitu sederhana, namun karena tradisi ini juga lah yang bisa membuat member Kuliner Cimahi bisa berkumpul dan silaturohim saling mengenal satu dengan yang lain. Karena setiap hari hanya berkomunikasi melalui media sosial, maka di kesempatan seperti mengadakan kegiatan botram inilah yang bisa menyatukan juga mempertemukan mereka. Antara pelaku dan penikmat kuliner, mempersatuka mereka menjadi sebuah keluarga yang selalu bahagia.

Tags:  , ,

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>