Semangat Ulen Bakar

March 4, 2016 Jajanan  No comments

Ketan atau lebih dikenal dengan nama ulen di masyarakat pasundan merupakan menu khas kuliner tradisional yang sangat terkenal. Bahkan tidak sedikit menjadi bagian dari kehidupan sehari harinya, dalam arti ulen menjadi mata pencaharian sehari hari. Olahan ulen yang sederhana pun bisa memikat karena rasa yang khas apalagi jika ulen dibakar dalam pengolahannya. Cita rasa ulen ditambah aroma pembakaran yang berasal dari arang menambah nikmatnya rasa ulen ini. Walau sederhana dalam penyajiannya pun, tetaplah rasa dari ulen ini menjadi pilihan bagi pecintanya.

GEDC2000 (FILEminimizer)

Sederhana, namun tetap nikmat. Itu yang didapatkan saat menikmati ulen yang dijajakan oleh pasangan suami istri ini. Hanya dengan pembakaran yang berasal dari kaleng yang dilubangi di satu sisinya dan arang yang menyala untuk membakar ulen ternyata juga menjadi semangat untuk menjalani kehidupan bagi mereka. Lokasinya yang berada di sisi jalan Kolonel Masturi, Cisarua atau tepatnya di depan gerbang tempat wisata Little Farmers menjadi pilihan karena memang tempat itulah yang dirasa cocok untuk menjajakan ulennya. Pelanggannya kebanyakan adalah para pelancong yang sengaja untuk beristirahat sambil menikmati sajian ulen yang istimewa ini. Ulennya tidaklah terlalu pulen karena masih yang ada berupa nasi ketannya, namun itu menjadi ciri khas yang malah menarik pelanggan untuk singgah lagi saat melewati jalan ini.

Sambil menikmati ulennya, udara yang sejuk menambah nikmat apalagi keramahan penjajanya saat menata juga mengipasi ulen yang dibakar di atas penggorengan semakin manambah keakraban antara penjaja dan pembeli. Bukan itu sebenarnya, melainkan semangat yang ditunjukkan oleh penjaja ulen ini, diumurnya yang menginjak 52 tahun namun tetap semangat untuk menjemput rejeki yang jauh dari rumahnya. Semangat untuk tetap mencari kesenangan hati manakala hiburan yang ditemukan tidak sama di kampung halamannya.

Ahh, emak. Bagi saya melihat emak masih berjualan dengan menjajakan ulen bakar sebagai satu ibadah untuk saling silaturohim dengan sesama, di usia senjamu adalah pelajaran untuk penghidupanku nanti. Semangat ya emak…

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>